Selasa, 09 November 2010

kesuksesan

 Tokoh – Tokoh Sukses


·        5 Tokoh Autodidak Sejati yang Sukses Mengubah Nasib Menjadi Orang Besar.

Apakah gagal melanjutkan sekolah menjauhkan kita dari sukses? Tokoh-tokoh berikut ini membuktikan bahwa belajar tak selalu harus di sekolah. Bahkan ketika sekolahnya gagal diselesaikan, mereka bisa belajar sendiri dari kehidupan yang dihadapinya dan meraih sukses luar biasa. Berikut ini mereka yang sukses luar biasa mengubah nasib dengan belajar secara autodidak alias gak makan bangku sekolahan.

1. Agatha Christie (1890 – 1976) Belajarnya Cuma di Rumah

Agatha Christie adalah penulis asal Inggris yang dikenal sebagai Master of The Mystery Novel atau Queen of Crime. Novel bergenre misterinya begitu terkenal ke seluruh dunia. Ia menulis 80-an novel. Sebanyak 30-an novelnya sudah diadaptasi ke dalam film.

Di manakah ia belajar hingga menjadi penulis yang begitu produktif? Ternyata Agatha hanya belajar di rumah. Sebenarnya di keluarganya, ia punya dua kakak yang kebetulan mendapat kesempatan sekolah formal. Sedangkan untuk Agatha, ibunya memilih untuk mengajari sendiri di rumah. Saat usia putrinya menginjak 8 tahun, sang ibu baru mendatangkan tutor ke rumah.
Ketika Perang Dunia I bergolak, Agatha bekerja menjadi perawat. Saat itu usianya baru belasan.

Kemudian ia bekerja di apotek rumah sakit yang banyak mengilhami cerita soal racun dalam novel-novelnya di kemudian hari. Novel pertamanya lahir setelah kakaknya, Madge, memberinya tantangan, apakah ia bisa menulis novel. Tantangan itu ia jawab dengan novel pertamanya berjudul “The Mysterious Affair at Styles” (Misteri di Styles). Dari sanalah ia meniti karier sebagai novelis.


2. Frederick Douglass (1818 – 1895): Budak yang Belajar Autodidak

Frederick adalah seorang budak asal Amerika Serikat, yang dilarang sekolah. Meski begitu ia pantang menyerah untuk belajar. Ia mulai dengan belajar membaca dari seorang aktivis gerakan pembebasan perbudakan. Ia belajar dari apa pun yang bisa ia baca.

Untuk memperkaya ilmunya, Frederick selalu mencari kesempatan untuk berbicara dengan orang-orang yang pengetahuannya lebih tinggi darinya. Terbukti belajarnya efektif, karena setelah bebas sebagai budak ia menjadi penulis hebat, orator ulung, dan pemimpin gerakan pembebasan perbudakan


3. Lawrence Ellison (66 tahun): Membangun Oracle karena Terinspirasi sebuah Paper

Lawrence (Larry) Ellison adalah pendiri Oracle, perusahaan pembuat software terbesar kedua dunia saat ini. Seperti pengusaha di bidang teknologi informasi lainnya yang kebanyakan drop-out perguruan tinggi, Larry pun demikian. Ia keluar dari University of Illinois pada tahun keduanya kuliah. Setelah itu ia membangun kariernya sebagai ahli data system. Ia tertarik mendirikan Oracle pada tahun 1977 setelah terinspirasi dari paper karya Edgar F. Codd mengenai database system berjudul “Relational Model of Data for Large Shared Data Banks.”


4. Peter Jennings (1938 – 2005): Presenter Terkenal yang Tak Lulus SMA

Presenter terkenal ABC News ini sebenarnya tak lulus SMA. Jennings memulai kariernya sejak usia 9 tahun. Saat itu ia menjadi penyiar radio anak-anak di Kanada. Ayahnya yang juga penyiar radio CBC dan sedang bertugas di luar negeri berang ketika tahu anaknya jadi penyiar radio di tempatnya bekerja. Ayahnya memang tak menyukai nepotisme. Kegiatan jadi penyiaran ciliknya tak lama. Peter lebih konsentrasi sekolah. Namun sekolahnya tak mulus. Malah ia sempat tak naik ke kelas 10. Menurut pengakuannya ia bosan belajar saat itu. SMA-nya pun tak tamat.

Ia sebenarnya ingin sekali menjadi penyiar seperti ayahnya. Namun kesempatan itu tak mudah ia dapat. Ia lebih dulu bekerja di bank dan sempat aktif di teater setempat. Baru pada usia 21 tahun ia bisa meraih impiannya menjadi penyiar radio. Setelah itu kariernya terus menanjak dengan semangat autodidaknya yang tinggi hingga kemudian menjadi wartawan dan penyiar televisi kenamaan AS.


5. Anthony Robbins (50 tahun): Bekerja Sambil Belajar dari Pembicara Ternama

Ia hanya tamat SMA dan memulai kariernya dengan cara mempromosikan seminar yang diadakan Jim Rohn. Saat itu usianya baru 18 tahun. Ia memanfaatkan kedekatan dengan Jim Rohn untuk belajar “happiness and success life“. Tak heran jika ia tak segan menyebut Jim Rohn sebagai mentor pertamanya. Pada usia 22 tahun, Anthony Robbins mulai belajar Neuro-Linguistic Programming (NLP) secara informal dari penciptanya, John Grinder. Setelah belajar dari tokoh lain yang juga secara informal, Robbins akhirnya bisa mengembangkan ilmu NLP menjadi ilmu baru yang disebutnya Neuro-Associative Conditioning (NAC).

Dengan belajar yang bisa disebut autodidak (bukan di bangku sekolah atau perguruan tinggi), Robbins akhirnya menjadi penulis buku laris dan motivator terkenal di dunia. Ia sudah berbicara di hadapan lebih dari 50 juta orang di lebih dari 50 negara. Jangan heran, dari sisi finansial, dari semula pemuda miskin, Robbins menjadi pembicara dengan tarif tinggi. Dalam kariernya ia pernah menjadi salah satu penasihat (mantan) Presiden AS Bill Clinton

Sumber :



·       Mario Teguh Sang Mativator Termahal di Indonesia

Mario Teguh (lahir di Makassar, 5 Maret 1956; umur 54 tahun) adalah seorang muslim yang menjadi motivator dan konsultan asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC).

Tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia.

Di awal tahun 2010, Beliau terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.

Sebelumnya Beliau membawakan acara bertajuk Business Art di O'Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.

Di tahun 2003 mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia.

Pendidikan
  1. Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.
  2. Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (S-1).
  3. Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang.
  4. Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).
PENGALAMAN
  • Citibank Indonesia (1983 – 1986) as Head of Sales
  • BSB Bank (1986 – 1989) as Manager Business Development
  • Aspac Bank (1990 – 1994) as Vice President Marketing & Organization Development
  • Exnal Corp Jakarta (1994 – present) as CEO, Senior Consultant
  • Spesialisasi : Business Effectiveness Consultant
BUKU KARANGAN MARIO TEGUH
  • Becoming a Star (2006)
  • One Million Second Chances (2006) Biodata
PRESTASI MARIO TEGUH DI TAHUN 2010
  • Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia.
  • Terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.
Sebelumnya Mario Teguh membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Dan pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.
TIPS MARIO TEGUH
Semua keberhasilan dan kegagalan seseorang itu berasal dari masing masing orang tersebut, memulai suatu usaha apapun harus dimulai dari sikap dan cara berpikir kita dalam menanggapi berbagai situasi yang akan ditemui dalam mengarungi kerasnya kehidupan ini. Semua kita ini adalah orang orang yang memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan potensi kelebihan kita dan meminimalkan kekurangan kita, karna keseimbangan ke semua unsur kita adalah kinci sukses yang akan kita raih. Kita bukan harus berhasil, bukan harus sukses, tapi kita harus mencoba untuk sukses tampa kenal lelah dan kata menyerah, kegagalan adalah jenjang untuk sebuah kesuksesan bukan harus ditangisi dan disesali.




Pengertian Sukses Menurut Beberapa Ahli

1.       Pengertian Sukses Menurut  Mas Wig
Sukses merupakan keadaan/kondisi ketika kita memperoleh apa yang diinginkan.Sukses merupakan resultan (end) dari interaksi antar berbagai unsur (means), yang selanjutnya saya sebut sebagai Delapan Pilar Sukses.Delapan Pilar Sukses tersebut adalah: knowledge, skills, passion, leadership, consistency, energy, relationship, dan luck.7 Pilar ada di tangan manusia, sedangkan 1 Pilar (luck) sepenuhnya berada di luar kendali manusia
http://uwinarno.wordpress.com/2008/06/20/15/


2.      Pengertian Sukses Menurut Wuryanano
      "sukses adalah jika kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa merugikan orang lain dan kita bisa menerimanya dengan senang hati, kemudian kita bisa membantu banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita dengan
rasa belas kasih dan tulus ikhlas dengan penuh rasa puas" 
           http://www.mail-archive.com/bicara@yahoogroups.com/msg01140.html


3.       Pengertian Sukses Menurut Frans Sebastian Tambunan
Pengertian sukses bagi setiap manusia adalah berbeda-beda, tergantung bagaimana setiap individu tersebut membuat ukurannya masing-masing tentang apa itu kesuksesan. Ada yang mengatakan bahwa sukses itu punya uang dan harta yang melimpah. Ada yang mengatakan bahwa sukses itu adalah bermanfaat bagi orang lain. Ada yang mengatakan bahwa sukses itu adalah berhasil dalam melakukan event - event besar dan masih banyak versi-versi sukses lainnya. Kalau kita berbicara mengenai apa itu kesuksesan, hendaknya kesuksesan itu bukanlah sesuatu yang hanya bersifat pada duniawi saja, tetapi kita harus juga menyertakan aspek surgawi dalam membuat ukuran satu kesuksesan. Seperti dikatakan diatas ada orang yang mengartikan sukses itu punya uang dan harta yang melimpah, tetapi ternyata dia memperoleh itu semua lewat korupsi atau hal jahat lainnya. Sukses itu adalah bermanfaat bagi orang lain, kata "bermanfaat" mengandung arti yang sangat luas sehingga harus dijabarkan secara detail sehingga tidak ada kesalahan persepsi dalam hal ini. Contohnya kita membantu orang lain dengan memberikan makanan,uang, baju karena dia tidak sanggup beli. Bagi saya ini bukan satu kesuksesan. Justru ini adalah pembunuh hebat, karena hal itu dapat mengarahkan dia menjadi pemalas dan peminta-minta. Sukses itu berhasil melakukan event-event besar. Event seperti apa, apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah kerohanian? Lagi-lagi menjadi tanda tanya besar. Kodrat manusia adalah Lahir - Tumbuh dewasa - Menikah - Punya Anak - Tua - Meninggal. Sukses menurut saya adalah bahwa kita dapat menjalani hidup kita dengan setia dan tetap di jalan Tuhan, mulai kita Lahir sampai kita kembali kepada Tuhan dan menjadi inspirasi bagi keluarga dan orang lain yang berada di sekitar kita siapapun itu. Saya sangat setuju apabila dikatakan bahwa sukses itu adalah perjalanan bukan tujuan. Tujuan kita adalah masuk surga dan duduk bersama dengan Tuhan disana. Oleh sebab itu arahkan hati dan pikiranmu ke tujuan/visi yang ingin dicapai dan tentunya harus berkomitmen. Niscaya semuanya itu seperti uang, harta, ketenaran, nama baik akan datang dengan sendirinya kepadamu
http://my.opera.com/Arifgenius/blog/show.dml/3117818


4.       Pengetian Sukses Menurut  Supono
Pengertian sukses bagi saya adalah misalnya “X”, belum tentu pengertian sukses bagi kamu “X”, mungkin saja “Y” dan belum tentu bagi mereka pengertian sukses adalah “X” atau “Y”. Bagi sebagian orang, sukses diukur berdasarkan kadar meletakan kesuksesan dilihat dari uang, jabatan dan atribut sosial. Bagi tipe seperti ini tingkat keberhasilannya adalah ‘jumlah tabungannya yang terus bertambah’, terus mendapatkan jabatan tertinggi sehingga dapat terpandang di lingkungan sosialnya. Orang seperti ini biasanya akan mudah goyang mentalnya apabila kehilangan apa yang mereka ambisikan.

Pengertian Sukses Menurut DR. Hal Urban, guru besar Psikolog di  Universitas San Fransisco
“Kita sukses apabila kita sampai pada pencapaian tertinggi apa pun dalam diri kita – ketika kita memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki. Kesuksesan adalah suatu proses, bukan hasil akhir. Kehidupan tidak menuntut kita untuk selalu berada di puncak. Yang diharapkan adalah bahwa kita mengerjakan yang terbaik sesuai dengan tingkat pengalaman kita”.
http://supono.wordpress.com/2010/07/10/apa-itu-artisukses/


6.      Pengertian Sukses menurut Mario Teguh
Perjalanan 50 tahun hidup yang sudah saya jalani menyimpulkan bahwa sukses itu tidak selalu berarti mendapat piala atau pujian, meski tak ada salahnya jika kita mendapatkan keduanya. Hanya saja itu semua bukan kriteria dari sukses itu sendiri. Karenanya tak jarang orang kemudian sulit menemukan kesuksesan-kesukses an yang pernah diraihnya.
Secara sederhana sukses adalah bagaimana kita keluar dari comfort zone kita dan mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan definisi ini Anda akan melihat begitu banyak kesuksesan yang bisa Anda lihat pada diri Anda. Kalau kemarin Anda baru bisa membantu satu orang, hari ini Anda bisa membantu dua dan besok Anda bisa membantu lebih banyak lagi, maka anda sukses. Dengan perasaan yang positif mengenai kesuksesan yang pernah Anda raih, maka Anda akan merasa semakin sukses dan semakin percaya diri dengan cita-cita, visi dan misi hidup Anda
        http://mymoen.wordpress.com/2010/02/21/arti-sukses-dan-cara-membangun-motivasi-diri-versi-mario-teguh/

7.      Pengertian Sukses Menurut Brian Tracy

Sukses adalah kemampuan untuk menghidupkan kehidupan Anda seperti Anda inginkan, melakukan apa yang Anda sukai, dengan dikelilingi oleh orang-orang yang Anda hormati dan respek

http://praptapa.unsoed.net/?p=36


8.     Menurut saya sukses adalah apabila seseorang dapat menggapai cita-citanya, tidak harus ilmu atau pun yang  berhubungan dengan harta, tapi bisa juga yang lainnya seperti: kita dapat menggapai cita-cita kita untuk membahagiakan orang tua. Saya juga berpikir, seseorang dapat di katakan sukses bila dia dapat berguna bagi orang lain, bila dia dapat membahagiakan orang lain, tidak egois, mempunyai jiwa sosial yang tinggi pula. Dan bila saya pikir lebih dalam lagi makna sukses sebenarnya adalah jika pemahaman tentang sukses oleh diri kita dengan kehendak ALLAH telah seiring dan sejalan.

1 komentar: